Senin, 01 Juni 2015

One Day One Share




Beberapa tahun terakhir ini, pribahasa "sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit" mulai diterapkan oleh banyak orang, keampuhannya pun terbukti. Bagi yang beragama Islam, pasti familiar atau malah pernah ikutan program One Day One Ayat (ODOA) dan One Day One Juz (ODOJ). Hasilnya terlihat jelas, Wisuda Akbar ODOA sudah sampai gelombang ke-5, bahkan artis sekelas Teuku Wisnu dan Oki Setiana Dewi bersedia menjadi duta ODOJ.

Teringat jaman SMP dulu, pernah ada kegiatan rereongan sarupi, semacam uang patungan harian, sifatnya sukarela, untuk membangun mushola sekolah. Jadi tiap kelas punya 1 amplop, diedarkan setiap hari, murid-murid diharap mengisi amplop itu, sukarela tanpa ada yang mengawasi apakah hari ini kita mengisi amplop atau tidak, nominalnya pun seikhlasnya, kasih Rp 5.000 ya silakan tapi kasih Rp 500 pun tidak dilarang. Setelah bel pulang sekolah berbunyi, bendahara kelas menghitung dan menyetorkan uang yang terkumpul ke guru piket. Seperti itu setiap hari, dari Senin sampai Sabtu (dulu sekolahnya masih 6 hari, jadul!, hehehe), biasanya setiap upacara penaikan bendera di Senin pagi (atau upacara penurunan bendera di Sabtu sore, bagi anak kelas 1 yang masuk siang) akan diumumkan hasil akumulasi dana selama 1 minggu, kelas mana yang jumlah isi amplopnya paling banyak biasaya dicap sebagai kelas paling OK, kompak, dan tajir. Seperti itu setiap hari, dari baru masuk di kelas 1 sampai lulus di kelas 3. Dan luaaar biaasaaa.....dari target awal membangun mushola sekolah jadi sanggup membangun masjid sekolah.

Ngomong-ngomong soal One Day One bla blaa blaaa, sepertinya tantangan #NulisRandom2015 ini boleh dikatakan sebagai salah satu dari deretan program-program tersebut. Ada yang menyebutnya One Day One Post, saya lebih suka menyebutnya One Day One Share.


Izinkan saya membuat program di dalam program, pastinya tanpa mengganggu program utama. Program One Day One Share di dalam program #NulisRandom2015. Lebih dari latihan berkomitmen menulis setiap hari, tak sekedar mengasah dan meningkatkan kemampuan menulis, tantangan #NulisRandom2015 merupakan sarana berbagi hal-hal bermanfaat bagi banyak orang. Anggaplah sambil menulis sambil berbuat baik, sambil menulis sambil memberi, mumpung sebentar lagi masuk bulan baik, bulan dimana orang-orang berlomba-lomba berbagi dan berbuat kebaikan. Itulah mengapa saya berani dan bersemangat menerima tantangan #NulisRandom2015.

Meskipun program One Day One Share ini program pribadi, layaknya program diet dan program fitness yang jika dilakukan dengan sungguh-sungguh pasti akan terasa hasilnya. Dan program itu dimulai di hari ini. Sambil terus menulis setiap hari, sambil menanti kejutan dari nulisbuku.com di akhir tantangan ini. Apakah tulisan-tulisan yang terpilih akan dibuat menjadi buku dan diterbitkan?, jika iya dan tulisan saya terpilih, bakal jadi buku antologi kedua setelah Proyek Menulis Kasih Tak Sampai. Selamat menikmati prosesnya, selamat mengagumi hasilnya.

- See more at: http://artikelkomputerku.blogspot.com/2010/10/cara-memasang-banner-di-bawah-posting.html#sthash.TrMBEyDs.dpuf

2 komentar:

  1. Semoga kita bisa konsisten untuk terus memposting sebagai bagian dari program ini

    salam kenal :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin... semangat!!!

      salam kenal juga :-D

      Hapus