Jumat, 07 November 2014

Jajanan Sekitaran Pamulang

Tiba-tiba aja kangen kuliner Pamulang, maklum pernah belasan tahun jadi warga Pamulang sebelum akhirnya pindah ke Lebak Bulus tahun 2010. Lalu lintas Pamulang, Ciputat, dan sekitarnya makin macet sedangkan mobilitas makin tinggi. Kerja di daerah Jakarta, waktu itu adik-adik kuliah di Depok dan SMA di Kebayoran Baru, gak kebayang ribetnya bermacet-macet ria di perjalanan kalo masih tinggal di Pamulang. Udah tinggal di Jakarta aja gak jaminan terbebas dari belitan keruwetan lalu lintas.
 
Enaknya tinggal di Lebak Bulus, karena dekat dengan terminal, pergi kemana-mana lebih mudah. Ada Transjakarta alias busway yang pernah jadi kendaraan gue ke kantor, kopaja AC pun pangkalannya cuma sepelemparan batu dari terminal, angkot bejibun, bis-bis antar kota sampai antar propinsi berseliweran. Gak enaknya ya menjelang mudik, saking padetnya terminal sampai-sampai macet gak karuan, lumayan menghambat juga sih. Belum lagi soal keamanan, preman berkeliaran bahkan ada yang nyambi jadi tukang ojek. Intinya harus pinter-pinter jaga keamanan masing-masing.
 
Bagi gue sekeluarga, Pamulang kini jadi tempat shopping yang menyenangkan. Nyokap lebih semangat belanja di Pasar Pamulang ketimbang di Pasar Mayestik, yang dimaksud Pasar Pamulang adalah pasar kaget yang di deket bimbel Maestro, karena menurut nyokap harga lebih murah tapi kualitas barang sama baiknya.
 
Sementara nyokap belanja, naaah... gue sama adik-adik berwisata kuliner di sekitaran Pamulang, biasanya pas weekend, kalo kita lagi bosen sama jajanan mall dan menu kafe. Jajanan-jajanan di Pamulang memang enak-enak dan ringan di kantong alias murah meriah. Inilah beberapa jajanan di sekitaran Pamulang yang recommended versi gue dan adik-adik gue.
 
 
1. So Milk
Selain jualan susu yang diolah menjadi bubble drink, tempat ini juga menjual aneka camilan, seperti burger kukus. Jajan di So Milk tuh berasa sehat, secara minum susu, yoghurt, dan makan makanan kukusan. Pantes aja So Milk rame sama anak-anak sekolah di jam pulang sekolah, sayangnya tempatnya sempit dan cuma ada sedikit bangku. Harga minuman mulai dari Rp. 6.000, kalo mau nambah topping ya nambah Rp. 1.000 kalo gak salah, itu yang paling gue inget karena paling sering beli minumannya, tiap ke So Milk pasti beli minumannya.
 
So Milk, lokasinya di tempat jajanan kaki lima Perumahan Pamulang Permai.
 
2. Bakmie Permata Pamulang
Jangankan orang Pamulang, orang yang tinggal di luar Pamulang aja banyak yang kenal dan langganan Bakmie Permata Pamulang. Ownernya, Si Encik, orangnya ramah. Tempatnya bersih dan nyaman, enak kalo dine in, sayangnya mie cepat habis, saking larisnya. Si Encik ngasih saran ke gue, berhubung gue udah langganan, pesan dulu via telepon, nanti disimpenin mie sesuai porsi yang dipesan, kalo udah siang biasanya udah habis. Oh ya!, kalo dulu sih dalam seminggu ada libur sehari di hari Kamis, gak tau deh apa sekarang masih begitu atau ada perubahan.
 
Bakmie Permata Pamulang, mie dibuat & dimasak sendiri oleh suami Si Encik,
walalupun ownernya Chinnese tapi halal.


3. Bakmi Bangka 77
Sama-sama resto bakmi, bedanya dengan Bakmie Permata Pamulang adalah Bakmi Bangka 77 juga menjual masakan lain, misalnya nasi goreng, capcay, seafood, dll. Selain itu, Bakmi Bangka 77 ini sudah lebih dulu berdiri dibanding Bakmie Permata Pamulang. Tempatnya juga bersih dan nyaman, OK-lah dine in, porsi makanannya banyak, sebanding dengan harganya. Yang paling enak adalah nasi goreng dan siomay, nasi goreng kalo ditake away porsinya jadi lebih banyak dibanding porsi dine in, biasanya gue beli 1 porsi aja dan dibagi 3, itupun udah lumayan bikin kenyang.
 
Bakmi Bangka 77, lokasinya tepat di belakang Bank Mandiri Pamulang.
 
4. Bakso & Mie Ayam Gunung Gandul
Bakso ini beberapa kali berpindah tempat, awalnya cuma gerobak di bawah pohon tepat di depan TK Si Komo Pamulang, lalu pindah ke pelataran rumah di samping TK Si Komo, terakhir menempati ruko pas di belakang Superindo Pamulang. Yang jadi ciri khas adalah bakso ukuran jumbo yang dagingnya berasa banget. Makan semangkok udah kaya' makan nasi sepiring plus lauk pluk sayur, kenyang deh pokoknya. Berhubung hampir selalu rame pembeli, harus sabar antri yaaa!.
 
Bakso & Mie Ayam Gunung Gandul, seinget gue dulu brandnya Bakso Wonogiri.
 
5. Sobet Mantap Ibu Yati
Jualannya soto betawi dan sop yang bening, isinya daging dan jeroan. Udah pasti take away, kurang minat dine in di sana soalnya tempatnya kurang bersih, tapi rasanya dijamin mantap, terutama untuk penggemar jeroan, kuah santannya pun gurih.

Sobet Mantap Ibu Yati,
lokasinya di  tempat jajanan kaki lima yang ke arah Bunderan Pamulang.

 
6. Family Mart
Family Mart ini tempat nongkrong mahasiswa Universitas Pamulang (Unpam), jaraknya mungkin cuma 100 meter dari Unpam. Kurang lebih ya serupa dengan Sevel tapi tempatnya lebih cozy, pastinya rame ampyuuun... sampai-sampai cari parkir aja susah, apalagi cari tempat duduk. Family Mart ini bener-bener markas anak Unpam.
 
Family Mart, markas anak Unpam.
 
Itu baru 6 tempat wisata kuliner di Pamulang, masih ada tempat-tempat lain yang gak kalah enak dan murmer. Mungk akan dibahas di postingan berikutnya.
 
 
 

- See more at: http://artikelkomputerku.blogspot.com/2010/10/cara-memasang-banner-di-bawah-posting.html#sthash.TrMBEyDs.dpuf

11 komentar:

  1. paling seneng kalau nemuin tempat enak dan murah.. mantafff :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener, perut kenyang kantong aman ya, hehehe...

      Hapus
  2. wah sudah lama saya tdk bs lagi menikmati aneka kuliner scra bebas ,, hehe jadi mupeng. salam knal mak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal Mak. Ayo kulineran lagi Mak, mumpung weekend :-D

      Hapus
  3. Boleh tuh kapan2 dicoba..meski tinggal di tiptop ciputat...tp lbh sering cari makanan k daerah kedaung smp tanah tinggal. Klo ke pamulang langganan saya nasi goreng kambing kebon sirih trus ada resto makanan khas cirebon. Nasi jamblang n empal gentong.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh iya itu juga enak2, saya juga pernah makan2 di nasgor kambing kebon sirih. Selamat mencoba :-D

      Hapus
  4. aduuuh jadi kangen pamulang permai saya tinggal disana sudah 26 tahun di AX6

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo, salam kenal :-D waaah di AX6, berarti dulu kita tetanggaan dong

      Hapus
  5. So milk mau dibuka caffe nya sekarang hlo... Hmmm tambah variasi di blok a 16 no 13 perumahan pamulang permai 1... Selalu kesana jugaa nih deket dr rumaaah harga terjangkau bgt emang... Makanan ala italia juga skrg ada enak bgt harga miring ...

    BalasHapus
  6. So milk mau dibuka caffe nya sekarang hlo... Hmmm tambah variasi di blok a 16 no 13 perumahan pamulang permai 1... Selalu kesana jugaa nih deket dr rumaaah harga terjangkau bgt emang... Makanan ala italia juga skrg ada enak bgt harga miring ...

    BalasHapus
  7. Belum pada coba KOZZA PIZZA CONE (instagram @KOZZAPIZZACONE) di Portal, pamulang permai ya?

    BalasHapus